Jumat, 07 Oktober 2016

Manusia dan Kesusastraan

Melihat judulnya, sangat berkaitan sekali. Sebelum saya membahas apa itu manusia dan kesusastraan. Kali ini saya akan menjelaskan apa itu manusia.

Manusia

Manusia (orang) adalah makhluk yang memiliki akal sehat, pikiran, juga keinginan untuk dapat bertahan hidup dengan baik dan sempurna.

Manusia dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran.

Segi Biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Dalam Bahasa Latin berarti "manusia tahu"), atau manusia adalah sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan lebih tinggi dari yang lainnya.

Segi Rohani, manusia adalah makhluk yang memiliki konsep jiwa yang ada dalam agama, dapat dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain.

Segi Antropologi kebudayaan, manusia adalah organiasi dalam masyarakat serta majemuk berdasarkan penggunaannya. Serta dalam perkembangan teknologi, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok, dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.

Dan kesusastraan secara etimologi adalah karangan yang indah, sedangkan sastra adalah sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.

Yang agak bias adalah pemakaian istilah sastra dan sastrawi. Segementasi sastra lebih mengacu sesuai defenisinya sebagai sekedar teks.

Sedangkan sastrawi lebih mengarah pda sastra yang kental nuansa puitis atau abstraknya. Fyi, Sastrawan adalah orang yang menggeluti sastrawi, bukan sastra.

Dalam arti kesusastraan, sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan (sastra oral). Dalam artikel ini maupun wikipedia sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu.

Kesusastraan dibagi menjadi dua yaitu, menurut daerah geografis atau bahasa.

Jadi, yang termasuk dalam kategori Sastra adalah :

a. Novel
b. Cerita/cerpen (tertulis/lisan)
c. Syair
d. Pantun
e. Sandiwara/drama
f. Lukisan/kaligrafi

Hubungan antara Manusia dan kesusastraan, pertama-tama di kaitkan dengan Ilmu budaya dasar yang mengikat didalamnya. Jadi, hubungan antara manusia dan kesusastraan adalah Sastra termasuk seni, dan seni adalah media ekspresi manusia. Hubungannya adalah, manusia membutuhkan sastra sebagai media untuk mengekspresikan diri sama seperti seni.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat. Mohon maaf bila saya melakukan kesalahan ringan maupun fatal dalam artikel ini. Tujuan saya hanya untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya, selain itu saya juga ingin menghibur dan memberikan informasi dalam artikel ini. Saya juga masih belajar untuk belajar membuat artikel, mohon untuk bimbingannya. Terimakasih banyak. ^ ^



PS : Sebagian yang saya ambil dari sumber beberapa ada yang saya rangkum dan saya ganti beberapa kata-katanya.



Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Manusia
              http://nesaci.com/pengertian-kesusastraan-dan-jenis-jenis-kesusastraan/
              https://id.wikipedia.org/wiki/Sastra
              https://cookpierun.wordpress.com/2016/03/13/manusia-dan-kesusastraan/       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar